Hacklist
Kali ini saya akan share Tugas makalah Pemrograman Dasar C++ :)
Sok di baca-baca aja, download juga boleh :D
Jurusan          : Teknik Informatika
Semester        : 1 (Satu)
Mata Kuliah    : Pemrograman Dasar (C++)
Dosen            : Irwan Abdullah, S.Kom






KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah bahasa pemrograman (C++) ini dengan tepat waktu.
Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah “Bahasa Pemrograman (C++)” saya, Bapak Irwan Abdullah yang telah membimbing saya dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Dalam tugas ini saya dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Belajar C++”. Tugas ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah bahasa pemrograman (C++). Semoga makalah yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi saya dan semua pihak yang membacanya.
Demikian kata pengantar ini saya buat. Saya menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kata sempurna, untuk itu saya mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam pembuatan makalah ini maupun kata pengantar ini, juga saya meminta kritik dan saran yang membangun agar dapat dibuatnya makalah yang lebih baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah cakrawala pengetahuan kita.






Jakarta, 31 Mei 2015


Elis Muhlishoh
222151140



DAFTAR ISI
Kata Pengantar .......................................................................................................  ii
Daftar Isi ................................................................................................................  iii
Bab I Pendahuluan................................................................................................... 1
          1.1   Latar Belakang.............................................................................................. 1
          1.2   Rumusan Masalah......................................................................................... 2
          1.3   Tujuan Penulisan........................................................................................... 2
Bab II Pembahasan................................................................................................... 3
          2.1   Pengertian C++ ............................................................................................ 3
          2.2   Struktur Bahasa C++ .................................................................................... 3
          2.3   Kompilasi....................................................................................................... 5
          2.4   Tipe Kesalahan pada C++............................................................................... 6
2.4.1    Kesalahan Sintaksis ........................................................................... 6
2.4.2    Kesalahan Run-Time .......................................................................... 6
2.4.3    Kesalahan Logika ............................................................................... 6
          2.5   Tipe Data ...................................................................................................... 6
          2.6   Variabel dan Konstanta................................................................................... 7
2.6.1    Variabel ............................................................................................. 7
2.6.2    Konstanta ......................................................................................... 7
          2.7   Operator........................................................................................................ 8
Bab III Penutup......................................................................................................... 9
          3.1   Kesimpulan ................................................................................................... 9
          3.2   Saran ............................................................................................................ 9
Daftar Pustaka ........................................................................................................ 10



BAB I
PENDAHULUAN
1.1   LATAR BELAKANG
        Bahasa pemrograman merupakan kumpulan aturan yang disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna komputer membuat program yang dapat dijalankan dengan aturan tersebut. Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan dalam berbagai macam sudut pandang. Salah satu pengelompokkan bahasa pemrograman adalah pendekatan dari notasi bahasa pemrograman tersebut, apakah lebih dekat ke bahasa mesin atau ke bahasa manusia. Dengan cara ini, bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi dua yakni bahasa tingkat rendah (low-level languages) dan bahasa tingkat tinggi (high-level languages).
       Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia, c++ merupakan salah satu contoh dati bahasa tingkat tinggi. Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, Perl, Java, dan lain sebagainya. Sedangkan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa assembly.
     Secara sederhana sebuah komputer hanya dapat mengeksekusi program yang ditulis dalam bentuk bahasa mesin. Oleh karena itu, jika suatu program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi maka program tersebut harus diproses dahulu sebelum bisa dijalankan dengan komputer. Hal ini merupakan salah satu kekurangan bagi bahasa tingkat tinggi di mana diperlukan waktu untuk memproses suatu program sebelum program tersebut dijalankan.
     Namun bahasa tingkat tinggi mempunyai banyak sekali sisi keuntungan. Bahasa tingkat tinggi mudah dipelajari, mudah ditulis, mudah dibaca dan tentu saja mudah dicari kesalahannya. Dalam makalah ini akan membahas salah satu bahasa tingkat tinggi yaitu C++. Bahasa ini diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980-an. Sebagai bahasa yang berorientasi objek, C++ memudahkan dalam pembuatan aplikasi yang berskala besar.
Sebagai bahasa yang beraras tinggi, yang menggunakan perintah-perintah yang mudah dimengerti oleh orang, C++ mempunyai keunggulan, yakni bersifat universal. Sebagai bahasa yang universal, C++ bisa dijumpai di berbagai platform (Linux, Unix, Windows, Mac, dan lain-lain). Artinya, jika kita menguasai C++ di platform PC, sangat mudah untuk berpindah di Linux ataupun sistem operasi yang lain.



1.1   RUMUSAN MASALAH
Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam bab pembahasan. Beberapa masalah tersebut antaralain :
             1.    Apa itu c++ ?
             2.    Bagaimana struktur dasar bahasa C++ ?
             3.    Apakah yang dimaksud kompilasi ?
             4.    Apa sajakah tipe kesalahan yang terjadi pada C++ ?
             5.    Apa sajakah tipe data C++ ?
             6.    Apa yang dimaksud dengan variabel dan konstanta ?
             7.    Apa sajakah operator C++ ?

1.2   TUJUAN PENULISAN
             1.    Untuk memenuhi tugas kuliah bahasa pemrograman (c++).
             2.    Mengetahui apa itu C++.
             3.    Mengetahu struktur dasar bahasa C++.
             4.    Mengetahui pengertian kompilasi.
             5.    Mengetahui tipe kesalahan yang terjadi pada C++.
             6.    Mengetahui tipe data C++.
             7.    Mengetahui yang dimaksud dengan variabel dan konstanta.
             8.    Mengetahui macam-macam operator C++.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1   PENGERTIAN C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C. Dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1070-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu bahasa B. pada awalnya bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.
Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded.
Bjarne Stroustrup pada laboraturium Bell pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (­low-level languages). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbendaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
Bahasa C++ mempunyai beberapa keunggulan :
             1.    Proses eksekusi program cepat.
             2.    Struktur bahasa yang baik (terstruktur).
             3.    Menyediakan kemampuan pemrograman berorientasi objek.

2.2   STUKTUR BAHASA C++
Program pertama pemula menulis sebuah program yang disebut “Hello World”, yang hanya mencetak “Hello World” ke layar komputer. Meskipun sangat sederhana, namun berisi semua komponen dasar program C++, sebagai berikut :



Panel atas menunjukkan kode C++ untuk program ini. Panel bawah menunjukkan hasil ketika program dijalankan oleh komputer. Sedangkan angka yang berada disebelah kiri panel berfungsi untuk memudahkan kita dalam meneliti kesalahan pada program, dan bukan bagian dari program. Berikut penjelasan baris-baris pada kode tersebut :
Baris 1               : //Program pertama saya di C++
Dua tanda garis miring menunjukkan bahwa kalimat selanjutnya adalah komentar yang dimasukkan oleh programmer tetapi tidak berpengaruh pada perilaku program. Dapat juga dengan menggunakan /* … komentar … */

Baris 2               : #include <iostream>
Baris yang dimulai dengan tanda pagar (#) merupakan pernyataan untuk menyertakan preprocessor. #include <iostream> berarti memerintahkan kompier untuk  menyertakan bagian dari standar C++, yang dikenal sebagai header iostream, yang memungkinkan untuk melakukan standar operasi input dan output, seperti menulis output dari program ini (Hello Wordl!) ke layar.

Baris 3               : Sebuah baris kosong
Baris kosong tidak berpengaruh pada program. Mereka hanya meningkatkan pembacaan kode.
Baris 4               : int main ()
Baris ini memulai deklarasi fungsi main. Fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakkan diawal, ditengah, atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya, seluruh program C++ memiliki fungsi main.
Main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. Pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argumen didalamnya.

Baris 5 dan 7   : { dan }
Tanda kurung kurawal terbuka ( { ) pada baris 5 menunjukkan awal definisi fungsi main dan tanda kurung kurawal tertutup ( } ) pada baris 7 menunjukkan akhir. Kode-kode yang berada diantara tanda kurung kurawal ini adalah tubuh fungsi yang mendefinisikan apa yang akan terjadi ketika main dieksekusi.



Baris 6               : std :: cout << “Hello World!”;
Baris ini adalah pernyataan C++. Pernyataan ini memiliki tiga bagian : pertama std :: cout, yang mengidentifikasi output ke layar. Kedua, operator penyisipan ( << ), yang menunjukkan bahwa kalimat berikutnya agar dimasukkan ke std :: cout. Ketiga, kalimat “Hello World!” merupakan kalimat yang akan dimunculkan ke layar. Setiap pernyataan dalam C++ harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) untuk memisahkan antara pernyataan yang satu dengan pernyataan lainnya.

Aturan-aturan umum penulisan bahasa C++ :
            1. Bahasa C++ bersifat case sensitive artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan.
            2. Untuk memberi komentar pada suatu baris program, digunakan /* dan */ atau //
            3. Awal dan akhir fungsi utama diapit dengan tanda kurung kurawal.
            4. Setiap pernyataan diakhiri dengan tanda semicolon (;).
            5. Semua variable yang digunakan di dalam program wajib dideklarasikan terlebih
          dahulu.

2.3   KOMPILASI
Dalam proses kompilasi semua kode sumber dibaca terlebih dahulu dan jika tidak ada kesalahan dalam menulis program maka akan dibentuk kode mesinnya sehingga program bisa dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk executable. Program bisa langsung dijalankan tanpa harus memiliki Compiler di komputer yang menjalankan program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly, dan masih banyak lagi.
Contoh compiler untuk C++ :
             ·         Acorn C/C++
             ·         Borland C++
             ·         C++/CX
             ·         C++Builder
             ·         Cfront
             ·         Clang
             ·         CodeWarrior
             ·         Comeau C/C++
             ·         ConceptGCC
             ·         Digital Mars
             ·         GNU Compiler Collection
             ·         HP aC++
             ·         IBM XL C++
             ·         Intel C++ Compiler
             ·         MinGW
             ·         Norcroft C compiler
             ·         Open64
             ·         Oracle Solaris Studio
             ·         PathScale
             ·         The Portland Group
             ·         ROSE (compiler framework)
             ·         Shed Skin
             ·         Softune
             ·         TenDRA Compiler
             ·         THINK C
             ·         Turbo C++
             ·         Visual C++



2.4   TIPE KESALAHAN PADA C++
  2.4.1   Kesalahan Sintaksis
Bahasa C++ hanya dapat dieksekusi, jika dan hanya jika program tersebut memiliki sintaksis yag telah sepenuhnya benar. Jika tidak, maka proses akan berhenti dan memberikan pesan kesalahan. Sintaksis menunjukkan struktur program dan aturannya.
  2.4.2   Kesalahan Run-time
Kesalahan tipe kedua adalah kesalahan run-time, disebut demikian karena kesalahan ini tidak akan muncul sebelum program dijalankan. Kesalahan ini juga sering disebut dengan exception karena kesalahan ini biasanya menunjukkan sesuatu yang ganjil terjadi.

  2.4.3  Kesalahan Logika
Kesalahan tipe ketiga adalah kesalahan logika atau semantik. Jika terjadi kesalahan tipe ini, maka program akan tetap berjalan dengan sukses tanpa pesan kesalahan. Namun, program tersebut tidak menjalankan program dengan benar atau tidak menjalankan program sesuai dengan maksud yang diinginkan programmer.

2.5   TIPE DATA
        Untuk menyimpan suatu variable diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer. Besar dan tipe dari variable-variabel di dalam standar program C++ di spesifikasikan sebagai berikut :






2.6   VARIABEL DAN KONSTANTA
  2.6.1  VARIABEL
        Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variable akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.
Contoh :
                                                       
  2.6.2  KONSTANTA
        Konstanta mirip dengan variable, namun memiliki nilai tetap. Konstanta dapat berupa nilai Integer, Float, Karakter dan String.
Pendeklarasian konstanta dapat dilakukan dengan 2 cara :
1.    Menggunakan #define
Contoh :  #define pengenal nilai
               #define lebar 100
2.    Menggunakan const
Contoh : const int lebar = 100;
              Const zip = 13710




2.7   OPERATOR
        Operator-operator yang disediakan C++ berupa keyword atau karakter khusus. Operator –operator ini cukup penting untuk diketahui karena merupakan salah satu dasar bahasa C++.    
             1.    Operator Assign (=)
                   Operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai kedalam suatu 
             variabel ataupun konstanta.

             2.    Operator Aritmatika (+, -, *, /, %)
             Operator yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi aritmatika.

             3.    Operator Majemuk (+=, -=, *=, /=, %=, <>=, &=, |=)
             Operator yang digunakan untuk menyederhanakan penulisan operasi
             aritmatika.

             4.    Operator Penaikan dan Penurunan (++, --)
             Operator penaikan (++) akan menaikkan / menambahkan 1 nilai variabel,
             sedangkan penurunan (--) akan menurunkan / mengurangi 1 nilai variabel.

             5.    Operator Logika (!, &&, ||)
             Operator yang hanya mengenal dua keadaan yaitu true (angka 1) dan false
             (angka 0).

             6.    Operator Kondisional ( ? )
             Operator yang dipakai untuk mendapatkan sebuah nilai dari dua buah
             kemungkinan, berdasarkan suatu  kondisi.

             7.    Operator Koma ( , )
             Operator berfungsi untuk memisahkan dua atau lebih ekspresi.

             8.    Operator Relational (==, !=, >, =, <)
             Operator untuk mengembalikan nilai false, karena (true&&false)
             untuk logika NOT (!).

             9.    Operator Ivalue a=5 rvalue
             Memberikan nilai 5 kepada variabel a. Ivalue harus selalu berupa variabel,
             sedangkan rvalue dapat berupa variabel, nilai, konstanta, hasil operasi ataupun
             kombinasinya.



BAB III
PENUTUP
3.1   KESIMPULAN
        C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan berorientasikan pada objek. Bahasa C++ mempunyai struktur bahasa yang mudah dipahami. Dalam menjalankan program dari bahasa C++ dibutuhkan suatu compiler yang berguna untuk mengkompilasi kode yang kita tuliskan menjadi bentuk bahasa mesin sehingga program dapat berjalan.

3.2   SARAN
        Sebaiknya dalam membuat kode program perhatikan huruf besar dan huruf kecilnya, karena C++ bersifat case sensitive. Selain itu, kita juga harus memperhatikan compiler yang digunakan untuk menjalankan program tersebut agar program berjalan sesuai keinginan kita tanpa adanya kesalahan-kesalahan.



DAFTAR PUSTAKA

Utami, Ema. dan Sukrisno (2005). 10 Langkah Belajar Logika dan Algoritma Menggunakan Bahasa C dan C++ di GNU/Linux. Yogyakarta : Andi Offset.
Kadir, Abdul (2012). Buku Pintar C++ untuk Pemula. Yogyakarta : MediaKom.
http://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B
http://www.cplusplus.com/doc/tutorial/program_structure/
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman





Label: , edit post
13 Responses


  1. Kelas Ultra Says:

    Terima Kasih atas makalahnya gan \(^v^)/


  2. Terimakasih, sangat membantu



  3. Hacklist Says:

    iya emang link downloadnya mau dihapus,
    terimakasih sudah berkunjung ^_^


  4. bambang Says:

    artikel singkat padat dan jelas trimakasih



  5. terima kasih infonya sangat bermanfaat :)

    My blog


  6. Unknown Says:

    terima kasih sangat bermanfaat
    My blog


  7. Unknown Says:

    terimah kasih atas infonya

    My blog


  8. Unknown Says:

    bang buat websitenya pake apa.?



Posting Komentar