Hacklist


Lagi persiapan untuk UTS mata kuliah Pengantar Elektronika Dasar?
Ini dia solusinya :D
Ini soal UTS Pengantar Elektronika Dasar saya di kampus untuk semester 1.
Sok atuh dipelajarin :p



================ UTS Pengantar Elektronika Dasar ================

Nama                    : Elis Muhlishoh
NIM                       : 222151140
Jurusan                 : Teknik Informatika
Semester               : 1 (Satu)
Mata Kuliah            : Pengantar Elektronika Dasar
Dosen                    : Suyono Dwi Atmojo, S.Kom

1.    Jelaskan karakteristik Elektronvalensi dari isolator, konduktor, dan semi konduktor !
Jawab :
Elektronvalensi adalah elektron yang berada di lapisan paling luar dari inti atom serta dapat digunakan untuk menentukan kelistrikan (isolator, konduktor, dan semi konduktor).
  • Isolator : Elektronvalensinya mengikat kuat pada atom dan memiliki sedikit elektron bebas serta dicirikan dengan memiliki delapan elektronvalensi.
  • Konduktor : Memiliki satu elektronvalensi bebas dimana elektronvalensi ini dapat melepaskan diri dari atom dan menjadi atom bebas.
  • Semi konduktor : Memiliki empat elektronvalensi yang terdiri dari atom valensi. Oleh karena jumlah elektronvalensi di dalam semi konduktor adalah berada di tengah di antara satu (konduktor) dan delapan (isolator), maka atom semi konduktor bukan merupakan konduktor yang baik dan juga bukan isolator yang baik.

2.    Bagaimana karakteristik rangkaian seri?
Jawab :
Karakteristik sebuah rangkaian seri adalah jika salah satu komponen dimatikan atau rusak, rangkaian akan mati dan tidak ada arus yang mengalir di dalam komponen lain pada rangkaian tersebut. Memiliki arus yang sama dan tegangan yang berbeda pada setiap komponen dalam rangkaian.

3.    Bagaimana karakteristik rangkaian paralel?
Jawab :
Karakteristik sebuah rangkaian paralel adalah jika salah satu komponen dimatikan atau rusak, rangkaian tidak akan mati dan komponen lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Memiliki arus yang berbeda dan tegangan yang sama pada setiap komponen dalam rangkaian.

4.    Bila sumber tegangan sebesar 60V melalui 4 hambatan paralel R1=6 Ω, R2=3 Ω, R3=12 Ω, R4=18 Ω, berapa masing-masing I pada hambatan tersebut?
Jawab :
















5.    Dari soal no.4, bila hambatan di susun seri, berapa masing-masing V (tegangan) pada hambatan tersebut?
Jawab :

Label: edit post
1 Response

Posting Komentar